oleh

Ratusan Warga PN-Gasmi Lakukan Pengibaran Merah Putih di Gunung Perbah

 

Warga PN-Gasmi kibarkan Bendera di puncak Gunung Perbah

Cakrawala7.com-Ratusan warga Pagar Nusa dan Gerakan Aksi Silat Muslimin Indonesia (PN-Gasmi) Ranting Munggu dan Rayon Bungkal hari ini menggelar kegiatan peringatan HUT RI ke 75 serta peringatan Hari Jadi Ponorogo yang ke 425.

Dalam rangka peringatan dua momen bersejaran tersebut ratusan warga PN-Gasmi Ranting Munggu mengadakan kegiatan yang diawali dengan ziarah makam Kyai dan sesepuh Desa Munggu KH. Abdul Mu’in (pengasuh Gus Dur saat kecil) yang berada di belakang Masjid Munggu usai sholat subuh kemudian dilanjut ziarah makam Mbah Kastubo.

Usai ziarah dikedua makam tersebut ratusan warga PN-Gasmi melakukan apel akbar kebangsaan yang digelar di lapangan desa setempat dan kemudian dilanjutkan Long March ke puncak gunung Prebah. Dengan ditandai pengibaran bendera Merah Putih tepat dipuncak gunung.

Koordinator lapangan dalam Kegiatan tersebut, Jono mengatakan bahwa kegiatan pagi ini merupakan kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke 75 dan Hari Jadi Ponorogo ke 425.

” Kami mengadakan kegiatan yang di ikuti hampir 300 warga PN Gasmi, peserta ini mayoritas warga muda dan remaja yang bertujuan untuk memupuk jiwa Patriotik dan rasa memiliki rasa cinta tanah air dan Bangsa,” katanya.

” Kegiatan ziarah makam diawal kegiatan merupakan perwujudan rasa tunduk dan patuh kepada para ulama, orang tua dan guru kita, kemudian pengibaran bedera Merah Putih dipuncak Gunung Prebah yang medannya cukup terjal, memberikan ilustrasi kepada para warga bahwa perjuangan pahlawan dalam merebut kemerdekaan sangat besar pengorbananya, ” imbuhnya.

Warga Gasmi juga mendukung pemerintahan desa dalam program desa wisata.
“Long March dan pengibaran bendera di puncak Gunung Prebah merupakan perjalanan yang cukup menarik karena dianggap menantang dan bisa menaikkan adrenalin,” kata Gufron salah satu panitia.

Ketua Ranting PN-Gasmi Munggu, Mohammad Saifudin menjelaskan bahwa kegiatan ini selain untuk memperingati HUT RI dan Hari jadi Ponorogo juga melakukan kegiatan apel kebangsaan menjelang Pilkada serentak pada tanggal 9 desember mendatang.

” Tadi kami bersama ratusan warga Gasmi melakukan ikrar kebangsaan yang intinya, warga PN Gasmi Ranting Munggu dan Rayon Bungkal siap menyukseskan Pilkada serentak tahun 2020 dengan aman dan kondusif,” tegas Saifudin.

” Untuk memupuk rasa semangat cinta tanah air dan menghormati para pahlawan yang telah gugur, pengibaran bendera Merah Putih dipuncak Gunung Prebah akan kita jadikan agenda tahunan pada setiap tanggal 17 Agustus, ” pungkasnya. (nas)

Komentar

Leave a Reply

News Feed